Karakteristik 60 Sahabat Rasulullah SAW

Untuk dapat memahami Islam sudah seharusnya kita membuka diri. Membuka diri untuk membaca, karena tanpa itu mustahil Anda tahu akhirnya paham bagaimana memaknai Islam dalam kehidupan ini. Seperti pada posting kali ini penulis ingin membawa Anda sahabat tercinta NUI untuk sama-sama belajar dengan Membaca Sejarah.

Selain membaca itu memang penting bagi kehidupan kita manusia. Perintah pertama untuk Manusia juga adalah membaca bukti bahwa membaca bagaikan pintu gerbang menuju cahaya terang seperti pada firman Allah sebagai berikut:

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam[1589],[5]Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya." (QS Al ´Alaq/96:1-5)

Selama ini barang kali... Anda hanya sering mendengar (katanya). Tidak sepatutnya sebagai Manusia yang dikatakan sempurna cukup hanya mendengar tanpa melihat langsung dari mana dasar seperti banyak yang mengatakan bahwa manusia itu tercipta dari segumpal darah, Allah itu maha Pemurah, Allah-lah yang mengajarkan manusia dari ketidak tahuan menjadi tahu.

Penulis sendiri sungguh menyayangkan keadaan manusia sekarang ini. Tidak sedikit manusia yang merasa cukup dengan keadaan mereka (merasa aman) baik itu keimanan dan keislaman yang dimilikinya. Kasus seperti ini terjadi sangat banyak dengan salah satu penyebab status agama mereka sudah Islam (keturunan).

Hakikatnya manusia itu diciptakan sama-sama dari 0. Analoginya seperti kertas putih tatkala terlhir kedunia. Ketika terlahir kita memiliki status sama dimata Allah yaitu suci sampai waktunya tiba. Kita mengenal dengan istilah Balig (Sudah bisa membedakan mana yang benar dan tidak benar). Pertanyaan penulis bagaimana dengan mereka yang tidak berada pada keturunan Islam? (Think!)

Dengan mengenal Sahabat Rasulullah melalui sejarah dan latar belakang dari masing-masing mereka. Semoga dibukakan pintu hati kita untuk melihat dan mau membaca dan akhirnya paham. Posting ini hanya penulis buat sebagai halaman akan disharenya sejarah kurang lebih 60 Karakter Sahabat Rasulullah SAW dalam bentuk PDF diposting berdasarkan urutannya 1-60. Namun tidak menutup kemungkinan berdasarkan urutan nanti itu sesuai dengan tingkatan Sahabat.

Bersambung - Insya Allah